08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Telusuri jejak fakta sejarah 73 tahun pancasila

Telusuri jejak fakta sejarah 73 tahun pancasila

31

May 18

Telusuri jejak fakta sejarah 73 tahun pancasila

PADA tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), Ir Sukarno kala itu menyampaikan sebuah pidato. Pidato tersebut merupakan penyampaian pertama kali ajaran, nilai dan prinsip Pancasila sebagai dasar bagi Indonesia Merdeka. Pidato ini kemudian disebut sebagai ‘Pidato Lahirnya Pancasila’. Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Tahun ini, tepatnya 1 Juni 2018 adalah 73 tahun Pancasila. Sebagai wujud penghormatan atas jasa para pahlawan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama  dengan PT Indonesia (Persero) melaksanakan Pameran Arsip Otentik Pidato M. Yamin 5 Juni 1958, Peluncuran Prangko Bung Karno di Sidang BPUPK dan Sampul Hari Pertama Peringatan 73 Tahun Lahirnya Pancasila serta meluncurkan buku yang bertajuk "Tjamkan Pantja Sila!" di Gedung Filateli Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Bersama-sama dengan Pos Indonesia, serta komunitas Jas Merah, kami menyeleggarakan pameran arsip yang banyak sekali. Ini merupakan harta karun yang tidak terkira," tambah Kepala ANRI, Mustari Irawan saat pembukaan acara Peringatan 73 Tahun Lahirnya Pancasila di Gedung Filateli Jakarta

Ada beberapa arsip foto koleksi ANRI yang dipajang dalam pameran tersebut seperti foto pembangunan Tugu Monas, foto Sidang BPUPKI, serta foto pidato Ir. Sukarno saat Sidang BPUPKI, 1 Juni 1945.

"Dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila, kali ini Pos Indonesia berperan dalam meluncurkan Prangko dan Sampul Peringatan 73 Tahun Pancasila. Kegiatan ini sangat positif dan mudah-mudahan ini akan berlanjut dalam kolaborasi pada masa-masa selanjutnya," papar Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi W. Setijono,

Selain dihadiri oleh Kepala ANRI Mustari Irawan dan Direktur Pos Indonesia, Gilarsi W. Setijono acara ini juga dihadiri oleh Tokoh-tokoh Nasional seperti Presiden Republik Indonesia Kelima Megawati Soekarnoputri, Mahfud MD, dan Yudi Latif serta Duta Arsip Rieke Diah Pitaloka.

Acara Pameran Arsip Otentik Pidato M. Yamin dibuka untuk umum dan menyediakan 100 buku serta 100 perangko bagi 100 pengunjung pertama. dan akan digelar hingga 4 Juni 2018 mendatang. (lh)


Bagikan

Views: 1929