08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie

Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie

06

Sep 23

Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres Jajaki Penyelamatan Arsip Presiden ke-3 RI B.J. Habibie

(Jakarta, 6/9/2023), Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui Tim Akuisisi dan Pengolahan (AP) berkunjung ke The Habibie Center di Jl. Kemang Selatan No.98, Jakarta Selatan.  Pusdipres diwakili oleh Widhi Setyo Putro selaku Ketua Tim AP, M.T Bara S Sakti, dan Octavia S. Kunjungan diterima oleh Andi Makmur Makka dan Anshori di Ruang Rapat The Habibie Center.

Dalam pembukaannya, Ketua Tim AP menjelaskan batasan dari arsip kepresidenan di Indonesia adalah dari periode seorang Presiden lahir hingga tutup usia, bukan hanya ketika presiden menjabat. Oleh karena itu, kunjungan ini dalam rangka penjajakan penyelamatan arsip kepresiden khususnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie bukan hanya ketika menjadi presiden tetapi juga ketika masa kuliah di Jerman, menjadi Menristek dan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Andi Makmur Makka kemudian mengkonfirmasi bahwa terdapat beberapa arsip terkait Presiden Habibie yang masih tersimpan seperti tesis BJ Habibie, kumpulan pidato Menristek, undangan pembentukan ICMI dalam media arsip tekstual, foto dan mini DVD-R.  Selanjutnya, Makka akan mendata arsip yang ada di The Habibie Center untuk diverifikasi oleh pihak ANRI.

Pada kesempatan ini, Pusdipres menerima sejumlah buku tentang Presdien BJ Habibie karangan Andi Makmur Makka. Harapannya setelah kunjungan ini akan dijajaki kegiatan bersama antara Pusdipres dengan The Habibie Center.

( Tim AP Pusdipres )


Penulis : Tim AP Pusdipres

Bagikan

Views: 560