08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti

Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti

18

Oct 23

Tim AP Pusdipres Menghadiri Pembukaan “Alunan Melodi Presiden” Museum Keliling Kepresidenan Balai Kirti

Jakarta – 18/10/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui Tim Akuisisi dan Pengolahan (AP) menghadiri acara pembukaan Museum Keliling yang diselenggarakan oleh Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat. Tajuk dari acara ini adalah “Alunan Musik Presiden” dimana Arsip Nasional RI adalah salah satu dari sembilan instansi/organisasi yang berpartisipasi.

Acara pembukaan terdiri atas laporan dan sambutan. Agenda pertama adalah laporan dari Kepala Museum Kepresidenan Balai Kirti, Linda Siagian. Acara kemudian dilanjutkan dengan Laporan dari Tim Kurator Museum Keliling yang disampaikan oleh Alwin. Sambutan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi adalah agenda acara selanjutnya.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan budaya dari Masyarakat seperti penerapan dari salah satu lirik dari lagu kebangsaan Indonesia Raya “Bangunlah Jiwanya”.

Selain itu, dengan tema Alunan Melodi Presiden diharapkan Masyarakat dapat melihat sisi lain dari para presiden kita. Sambutan dari Walikota Bogor, Arya Bima adalah agenda acara yang selanjutnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Museum Keliling dengan metode menabuh gendang yang dilakukan oleh para pejabat tinggi.

Pasca pembukaan, Tim AP kemudian meninjau pameran. Materi pameran berasal dari Arsip Nasional RI, Yayasan Habibie dan Ainun, Museum Purna Bhakti Pertiwi, dan Yayasan Bung Karno dalam format tekstual, audio-visual dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat aplikasi interaktif dan alat music angklung pada pameran tersebut. Museum Keliling dengan tema “Alunan Melodi Presiden” berlangsung dari 18 – 24 Oktober 2023.

( OT )


Penulis : OT

Bagikan

Views: 499