08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI Melaksanakan Bantuan Bimbingan dan Penyelamatan Arsip Akibat Bencana di Kota Pekalongan

Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI Melaksanakan Bantuan Bimbingan dan Penyelamatan Arsip Akibat Bencana di Kota Pekalongan

14

Apr 21

Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI Melaksanakan Bantuan Bimbingan dan Penyelamatan Arsip Akibat Bencana di Kota Pekalongan

Pekalongan, Jawa Tengah (1/4) - Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI membantu  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan memberikan  Bimbingan Teknis Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Terdampak Bencana dan melakukan penyelamatan arsip akibat bencana banjir yang terjadi pada pertengahan Februari 2021.

Restorasi arsip pasca bencana merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi dampak kerusakan arsip dan menyelamatkan informasi penting yang ada di dalamnya. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai dengan 1 April 2021, bertempat di Depot Penyimpanan Arsip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Dekoro, Pekalongan, Jawa Tengah.

Narasumber kegiatan Bimbingan Teknis Perlindungan dan Penyelamatan Arsip berasal dari ANRI diantaranya Koordinator Kelompok Substansi Restorasi Arsip, Suwarto, Arsiparis Pertama, Purwanto, Arsiparis Terampil, Arfina Anggraeni,  dan Trias Mutiasari.

Kegiatan Bimbingan Teknis Perlindungan, Pengamanan dan Penyelamatan Arsip Akibat Bencana dibuka oleh Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Pekalongan selaku Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan dengan peserta berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan.

Melalui kegiatan bimtek ini peserta diberikan pemahaman mengenai prosedur penanganan penyelamatan arsip akibat bencana yang benar yang dibimbing  langsung oleh Arsiparis dari ANRI.

Dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Suwarto yang menjelaskan tentang Perlindungan, Pengamanan dan Penyelamatan Arsip dari Bencana baik secara preventif maupun kuratif. Selain itu, diterangkan mengenai pentingnya melakukan perlindungan, pengamanan dan penyelamatan arsip masyarakat sebagai bukti untuk melindungi hak-hak keperdataan masyarakt maupun sebagai bahan bukti akuntabilitas bagi organisasi serta sebagai bahan pertanggungjawaban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain memberikan pemaparan materi Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI memberikan praktek langsung penanganan arsip terdampak bencana dan berbagai metode restorasi arsip statis. Kegiatan praktek dimulai dari proses pengeringan arsip, penguraian, enkapsulasi arsip , sizing arsip peta dan laminasi arsip.

Selama bimbingan teknis, peserta dapat langsung mempraktikan ilmu yang telah diberikan sebelumnya oleh para pembimbing. Terlihat antusiasme dari para peserta pada saat melakukan praktek selama Bimtek berlangsung.

Selain memberikan Bimbingan Teknis, Tim Rescue Restorasi Arsip ANRI juga memberikan hibah berupa bantuan alat dan bahan restorasi arsip yang terdiri dari, tisu jepang, astralon, Polyester film, double tape, dan beberapa alat dan bahan restorasi lainnya untuk dapat digunakan sebaik-baiknya dalam penanganan arsip yang terdampak bencana.

                                                                                       


Penulis : M

Bagikan

Views: 922