08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Task Force ANRI Lanjutkan Identifikasi Arsip Terdampak Bencana di Palu

Tim Task Force ANRI Lanjutkan Identifikasi Arsip Terdampak Bencana di Palu

09

Oct 18

Tim Task Force ANRI Lanjutkan Identifikasi Arsip Terdampak Bencana di Palu

Palu (9/10) – Meski merasakan beberapa kali gempa susulan, tim task force ANRI terus melanjutkan survey dan koordinasi dengan instansi terkait pada hari kedua penugasan ini. Tim yang dipimpin Direktur Preservasi, Kandar mendatangi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berlokasi tak jauh dari pantai dan turut terkena dampak tsunami. 
 
Kandar menyatakan bahwa kedatangan tim task force ke Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng bertujuan untuk melakukan pendataan terhadap arsip yang rusak akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya (28/9). “Berdasarkan pendataan arsip yang rusak tersebut, nantinya tim dapat mengidentifikasi sejauh mana kategori kerusakan arsipnya. Apakah masuk pada kategori rusak ringan, rusak sedang atau atau rusak berat,” jelas Kandar. Ditambahkan oleh Kandar, ANRI juga nantinya akan menyampaikan rekomendasi permasalahan dan penanganan arsip yang terdampak bencana tersebut. 
 
Hasil survey dan identifikasi tim task force ke beberapa kantor pemerintahan selama dua hari ini nantinya disusun dalam laporan yang komprehensif dan akan dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
 
Di samping melakukan survey dan identifikasi, tim task force ANRI juga akan memberikan edukasi dan pemahaman melalui kegiatan Bimbingan Teknis kepada pengelola arsip di Organisasi Perangkat Daerah wilayah Sulteng dang sekitarnya, terutama bagi sumber daya manusia kearsipan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng. Bimbingan teknis tersebut akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2018. Ini menjadi hal yang menjadi perhatian karena Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulteng akan turut menjadi penggerak dalam pelindungan dan penyelamatan arsip pascabencana di Provinsi Sulteng.

Bagikan

Views: 677