08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Task Force ANRI Mulai Survey Lokasi Terdampak Bencana

Tim Task Force ANRI Mulai Survey Lokasi Terdampak Bencana

08

Oct 18

Tim Task Force ANRI Mulai Survey Lokasi Terdampak Bencana

Palu (8/10)-Setiba di Palu, tim task force langsung menyerahkan bantuan dari ANRI secara simbolis. Adapun bantuan yang diserahkan antara lain berupa makanan, obat-obatan dan masker satu kali pakai. Usai memberikan bantuan, tim task force ANRI bergerak  menyurvei lokasi yang terkena dampak bencana. Adapun lokasi yang telah disurvei pada hari pertama ini di antaranya  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah, TVRI, Kantor Samsat Bersama, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulteng. Survey ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi kondisi arsip yang terdampak bencana.
 
Kegiatan penanganan arsip pascabencana ini merupakan sikap responsif ANRI dalam membantu penyelamatan arsip pascabencana. Hal tersebut juga sejalan dengan amanat Pasal 34 Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang intinya mengamanatkan negara untuk menyelenggarakan pelindungan dan penyelamatan arsip dari bencana. Hal ini pun juga ditegaskan dalam UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Di mana dijelaskan pada Pasal 6 huruf g bahwa tanggung jawab Pemerintah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana salah satunya meliputi pemeliharaan arsip/dokumen otentik dan kredibel dari ancaman dan dampak bencana. 
 
Tim Task Force ANRI sangat berterimakasih apabila ada masyarakat Palu dan Donggala yang berkenan secara sukarela membantu dan bergabung dengan Tim Task Force ANRI. Mohon doa dari Sahabat ARSIP, semoga Tim Task Force ANRI diberikan kesehatan, kemudahan, kelancaran dalam bertugas dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Selamat Bertugas, tim task force.

Bagikan

Views: 570