08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tim Task Force ANRI Selamatkan Arsip Terdampak Bencana Banjir di Tangsel

Tim Task Force ANRI Selamatkan Arsip Terdampak Bencana Banjir di Tangsel Tim Task Force ANRI Selamatkan Arsip Terdampak Bencana Banjir di Tangsel Tim Task Force ANRI Selamatkan Arsip Terdampak Bencana Banjir di Tangsel

16

Jun 21

Tim Task Force ANRI Selamatkan Arsip Terdampak Bencana Banjir di Tangsel

Ciputat, Tangerang Selatan (15/6/2021) - Intensitas hujan yang tinggi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengakibatkan robohnya turap menimpa bagunan rumah warga dan menutup aliran sungai Pesanggraahan di daerah Telkom, Perumahan Nerada Estate, Cipayung Mas dan Komplek perumahan Polairud Cipayung Ciputat Tanggerang Selatan. Bencana banjir ini menyebabkan ratusan rumah terendam banjir dan juga berdampak pada kerusakan arsip vital milik keluarga.

Sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pelindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana nasional dilaksanakan oleh ANRI dan pencipta arsip yang berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tim Task Force ANRI melalui program Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA) berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangsel turun langsung ke lokasi terdampak bencana dan membantu menyelamatkan arsip masyarakat yang rusak diakibatkan bencana. Jumlah arsip yang direstorasi sebanyak 10 lembar arsip dalam kondisi bergelombang dan kotor dikarenakan terkena lumpur.

Tim Task Force ANRI akan melanjutkan program LARASKA sampai dengan beberapa hari ke depan di Kota Tangsel. Melalui program LARASKA, ANRI akan melakukan perbaikan arsip secara gratis bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelamatan arsip keluarga.

( MF )


Penulis : MF
Editor : tk

Bagikan

Views: 890