08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip, Pertamina Teken Kesepahaman Bersama dengan ANRI

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip, Pertamina Teken Kesepahaman Bersama dengan ANRI

07

Sep 15

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip, Pertamina Teken Kesepahaman Bersama dengan ANRI

Jakarta  - Pada Senin (07/09/2015), Arsip Nasional Republik Indonesia dan PT Pertamina (persero) meresmikan kerja sama dalam bidang kearsipan. Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara ANRI  dan Pertamina dilaksanakan di Grand Hall, Kantor Pusat Pertamina. Pihak ANRI diwakili oleh Kepala ANRI, Mustari Irawan dan pihak Pertamina diwakili oleh Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto.


Kesepahaman Bersama yang disepakati oleh kedua belah pihak ini bertujuan memfasilitasi bimbingan dan peningkatan kompetensi dalam lingkup kegiatan pengelolaan arsip dinamis. Dalam sambutannya, Direktur Utama Pertamina turut menjelaskan arah kerja sama yang digalang. Pertamina mengharapkan dengan adanya kerja sama ini, dapat terwujudnya tata kelola arsip yang baik mengingat tingginya volume arsip yang tecipta. Dengan adanya  tata kelola kearsipan yang baik maka manajemen juga berjalan dengan lancer.  Selain itu, juga ditekankan  bahwa pertemuan ini adalah momentum yang sangat berarti karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah.

Sementara itu, Kepala ANRI mengatakan, penadatanganan  ini sangat berharga, tidak hanya bagi Pertamina atau ANRI, namun bagi bangsa karena Pertamina adalah korporasi yang memiliki peran yang vital dalam perekonomian Indonesia. Ditekankan pula, ANRI juga akan melakukan akuisisi terhadap beberapa arsip yang kelak akan menjadi memori kolektif bagsa dan pula akan dijadikan heritage bangsa yang kelak memberikan gambaran perjalanan bangsa.

Kolaborasi yang terjalin antara  ANRI dan Pertamina adalah berupa pengembangan sistem pengelolaan arsip di lingkungan Pertamina, pengembangan SDM kearsipan melalui penciptaan dan sertifikasi, serta pengelolaan arsip berbasis SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis).  (HR)


Bagikan

Views: 1068