08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI

Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI

21

Feb 23

Tingkatkan Pemahaman di Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melakukan Kunjungan Kearsipan ke ANRI

Jakarta - 21/02/23 - Kunjungan kearsipan yang diikuti oleh 24 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan jumlah peserta sebanyak 37 orang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman di bidang kearsipan, khususnya pengelolaan arsip.

Demi mewujudkan pelaksanaan kegiatan yang lebih kondusif, kunjungan ini dibagi menjadi dua grup. Kunjungan yang dilaksanakan antara lain kunjungan ke central file di lingkungan Direktorat Kearsipan Daerah I. Kunjungan ke Central File ini dipandu oleh Anita Rosdiana, selaku Arsiparis Ahli Madya di lingkungan Direktorat Kearsipan Daerah I, yang memaparkan pengelolaan arsip dinamis dari penciptaan hingga ke penyusutan.

Selain itu, peserta juga mendapatkan pemahaman mengenai pemberkasan arsip aktif. Setelah itu, peserta kemudian berkunjung ke Records Centre ANRI. Kunjungan Records Center yang dipandu oleh tiga arsiparis, seperti Djoko Sutanto, Hendro Subekti, dan Eva Nur’afifah, dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai fungsi unit kearsipan, alur pemindahan arsip aktif menjadi inaktif, dan penataan arsip inaktif, baik arsip tekstual maupun arsip media baru.

Tidak hanya mempelajari pengelolaan arsip dinamis, peserta juga mempelajari pengelolaan arsip statis dengan mengunjungi Direktorat Preservasi, khusunya bagian restorasi arsip serta depo penyimpanan arsip tekstual dan media baru.

Kunjungan restorasi arsip dipandu oleh Arsiparis Ahli Pertama, Anwar Asyraf, yang menerangkan cara restorasi arsip. Selain itu dijelaskan pula pencegahan kerusakan arsip berupa enkapsulasi.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke depo penyimpanan arsip media baru dan konvensional yang masing-masing dipandu oleh Hanna Sadrina Nur Ramadhan dan Taufik Nur Huda. Melalui kunjungan depo ini, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai penyimpanan arsip, baik dari suhu dan kelembaban, serta ruang penyimpanan sesuai media atau jenis arsip.

Peserta juga berkesempatan mengunjungi Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa dan Pameran Arsip Jalur Rempah. Melalui kunjungan ke Diorama dan pameran arsip, peserta diberikan pemahaman manfaat arsip bahwa pengelolaan arsip yang baik akan berguna untuk pengetahuan.

Sebagai informasi, kegiatan kunjungan kearsipan ke ANRI ini merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran kearsipan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan setelah sukses menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis dan Implementasi Aplikasi SRIKANDI dalam rangka mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Senin, 20 Februari 2023, di Amaris la Codefine Hotel Kemang, Jakarta.

 

(ELD)


Penulis : ELD

Bagikan

Views: 581