08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Perekonomian Indonesia, Direktorat Preservasi Gelar Webinar Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Alat Kearsipan

Tingkatkan Perekonomian Indonesia, Direktorat Preservasi Gelar Webinar Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Alat Kearsipan Tingkatkan Perekonomian Indonesia, Direktorat Preservasi Gelar Webinar Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Alat Kearsipan Tingkatkan Perekonomian Indonesia, Direktorat Preservasi Gelar Webinar Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Alat Kearsipan

29

Mar 23

Tingkatkan Perekonomian Indonesia, Direktorat Preservasi Gelar Webinar Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Alat Kearsipan

Jakarta – 29/03/2023 Dalam rangka meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam kegiatan preservasi arsip, Direktorat Preservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan webinar dengan tema Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Pada Bahan dan Peralatan Kearsipan pada hari Rabu, 29 Maret 2023, melalui aplikasi Zoom Meeting. Demi mewadahi antusiasme peserta yang tinggi, webinar ini juga ditayangkan secara langsung melalui saluran akun Youtube Arsip Nasional Republik Indonesia.

Dalam sambutan dan arahannya, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar, menyampaikan bahwa arsip harus dilestarikan agar fisiknya berusia panjang dan informasinya tidak hilang. Cara melestarikan dan menjaga arsip adalah dengan melakukan preservasi arsip. Tindakan preservasi arsip itu memerlukan berbagai macam alat dan bahan seperti alat pindai, kertas bebas asam, peralatan deasidifikasi arsip, dsb.

Kandar menambahkan bahwa pemerintah saat ini tengah memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri yang dikuatkan melalui Perpres Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan peraturan tersebut, ANRI bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada bahan dan peralatan kearsipan. Langkah ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk menjaga memori kolektif bangsa sambil meningkatkan perekonomian Indonesia.

Acara lalu diambil alih oleh moderator, Supriyono. Ia menyampaikan sekilas tentang bahan dan alat preservasi kearsipan khususnya peralatan penyimpanan, restorasi, laboratorium, dan reproduksi arsip. Sebagian dari alat dan bahan itu merupakan hasil impor dan rencananya akan dilakukan penggantian dengan menggunakan produksi dari dalam negeri.

Dalam webinar yang ini diikuti oleh sekitar 1468 peserta ini, bertindak sebagai narasumber adalah Nendra dari Pusat Peningkatan Produksi dalam Negeri (P3DN), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Melalui materi berjudul Kebijakan Pemerintah dalam Penggunaan Produk dalam Negeri, Ia menyampaikan bahwa P3DN bertugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, rencana, program, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Menurutnya, tujuan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah meningkatkan penggunaan dalam negeri, meningkatkan utilisasi nasional, meningkatkan kesempatan kerja, menghemat devisa negara, dan mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja pemerintah.

Webinar ini merupakan webinar seri pertama dari serangkaian Webinar Preservasi Arsip yang akan diselenggarakan pada tahun 2023. Direktorat Preservasi ANRI rutin menyelenggarakan berbagai webinar setiap tahunnya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia arsiparis sekaligus memberikan pemahaman perlunya merawat memori bangsa bagi masyarakat umum.

( EJ/SR )


Penulis : EJ/SR

Bagikan

Views: 896