08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga

Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga

27

Sep 23

Turut Mendukung Indonesia di Asian Games, Direktorat Pengolahan Melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga

Jakarta (27/09/2023) - Direktorat Pengolahan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan Ekspose Guide Arsip Statis Olahraga. Kegiatan ini sebagai tanda bahwa upaya pengolahan arsip yang telah dilakukan selama setahun ini akan rampung, sehingga sebentar lagi Guide Arsip Statis Olahraga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari menyampaikan bahwa Guide Arsip Statis Olahraga ini sangat penting untuk menjadi memory legacy Bangsa Indonesia tentang capaian-capaiannya di bidang olahraga.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, seperti instansi-instansi terkait, praktisi, akademisi, jurnalis, dan tenaga pendidik, serta melibatkan beberapa narasumber untuk mengulas Guide Arsip Statis Olahraga, yaitu Ketua Bidang Media dan Humas KONI Pusat, Achmad Effendi Soen dan Sejarawan Universitas Padjajaran, Miftahul Falah.

Menurut Achmad Effendi Soen, arsip mengenai olahraga sangat penting sebagai bahan karya jurnalistik mengenai peristiwa olahraga di masa lalu, komparasi saat ini, dan prediksi kedepan. Miftahul Falah menuturkan bahwa Bangsa Indonesia sangat aktif dalam berolahraga terlihat dari banyaknya prestasi di berbagai cabang olahraga, hadirnya berbagai federasi olahraga yang aktif di dunia internasional, dan menyelenggarakan acara-acara olahraga di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Guide Arsip Statis Olahraga ini merupakan hasil penelusuran arsip Sejarah Olahraga Indonesia pada seluruh daftar dan inventaris arsip yang tersedia di unit layanan arsip ANRI. Hasil penelusuran telah mengidentifikasi jenis arsip yang memiliki informasi tentang Sejarah Olahraga Indonesia, yaitu terdiri dari 162 nomor arsip tekstual/arsip kertas, 12 nomor arsip peta, 291 nomor arsip foto, dan 59 nomor arsip film.

Direktur Pengolahan, Wiwi Diana Sari juga menekankan bahwa kegiatan ini adalah upaya nyata dukungan ANRI dalam bidang olahraga, terlebih saat ini Kontingen Indonesia sedang berjuang dalam ajang Hangzhou 2022 Asian Games, "Semoga atlet-atlet kita dapat mendulang prestasi yang maksimal,” ujarnya.

( MTHP )


Penulis : MTHP
Editor : sa

Bagikan

Views: 593