08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry

UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry

20

Oct 22

UIN Ar-Raniry Akan Bentuk Pusat Arsip Ar-Raniry

Aceh - 18/10/22 - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag menyampaikan, UIN akan membentuk Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi sebagai bentuk dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. 

Hal itu disampaikan Rektor UIN dalam sambutannya saat membuka kuliah umum kearsipan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, di Aula sebaguna Fakultas Tarbiyah, Selasa, 18 Oktober 2022. "Jadi kami mohon bantuan dari BAST sebagai perwakilan ANRI di Aceh untuk dapat membantu mewujudkan hal tersebut" kata Prof. Mujiburrahman.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Mujibrurrahman sangat mengapresiasi Kepala BAST bersedia untuk hadir dan menjadi narasumber pada kegiatan Kuliah Umum dengan tema Pengelolaan Arsip dalam meningkatkan pelayanan publik di Prodi Manajemen Pendidikan Islam-Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry.

Prof. Mujiburrahman berharap ada pelajaran yang dapat dipetik oleh mahasiswa maupun civitas akademika dari kegiatan tersebut terutama dalam mengelola arsip sehingga kedepan, pengelolaan kearsipan menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala BAST, Muhamad Ihwan dalam penyampaian materi menjelaskan pentingnya penyelenggaraan kearsipan di perguruan tinggi yang meliputi kebijakan, pembinaan kearsipan pengelolaan arsip, sumber daya manusia, prasarana dan sarana, serta sumber daya lainnya.

Penyelenggaraan Kearsipan lanjut Ihwan dapat dilakukan dengan cara-cara baru menggunakan teknologi informasi. "Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menata arsip sehingga arsip itu tidak hanya menjadi tumpukan kertas yang disimpan, tapi menjadi rujukan dan sumber informasi sehingga bermanfaat untuk publik" ujar Ihwan.

Untuk itu, Ihwan berharap para mahasiswa dapat mengasah diri dan meningkatkan pengetahuan dalam bidang kearsipan, apalagi ada beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan kearsipan.

( Fm/Wn )


Penulis : Fm/Wn

Bagikan

Views: 732