08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

UTUT ADIANTO SAKSIKAN LANGSUNG PENYERAHAN ARSIP STATIS DPR RI KE ANRI

UTUT ADIANTO SAKSIKAN LANGSUNG PENYERAHAN ARSIP STATIS DPR RI KE ANRI

27

Nov 18

UTUT ADIANTO SAKSIKAN LANGSUNG PENYERAHAN ARSIP STATIS DPR RI KE ANRI

Jakarta, ARSIP-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Utut Adianto turut menyaksikan secara langsung penyerahan arsip statis DPR RI. Arsip statis DPR RI diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar kepada Kepala ANRI yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara DPR RI (27/11).

Arsip statis di DPR RI yang diserahkan sejumlah 203 boks, dengan rincian arsip konvensional sejumlah 104 boks, arsip media baru terdiri dari kaset audio sejumlah 36 boks, dan audio visual sejumlah 63 boks. “Melalui kegiatan ini pastinya arsip-arsip penting hasil kegiatan Dewan akan terselamatkan. Kami berharap proses cari dan temu kembali suatu dokumen dapat dilakukan secara cepat, tepat, utuh dan lengkap sebagai bahan akuntabilitas kinerja DPR RI”, ungkap Sekjen DPR RI, Indra Iskandar dalam laporannya.

Serah terima arsip statis ini merupakan momentum yang sangat berharga karena mewariskan jejak sejarah bangsa Indonesia. “Arsip statis DPR RI yang diserahkan ke ANRI pada hari ini meliputi pembahasan Rancangan Undang-Undang,  Risalah Rapat DPR RI, audiensi DPR RI dengan masyarakat, dan Asian International Parliamentary Organisation (AIPO) sebanyak 490 nomor arsip kertas dan 4067 kaset rekaman suara dan video”, ungkap Sekretaris Utama ANRI, Sumrahyadi dalam sambutan.

Lebih lanjut Sumrahyadi menambahkan bahwa arsip yang diserahkan  merupakan memori yang sangat penting bagi generasi mendatang karena menggambarkan informasi tentang suatu fungsi lembaga negara yang mewakili rakyat dalam membangun bangsa dan negara. Berbagai dinamika, keseriusan, dan kerja keras DPR RI tergambar dalam arsip yang akan diserahkan tersebut. “Untuk selanjutnya ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional akan melestarikan dan memanfaatkannya untuk kepentingan bangsa dan negara”, jelas Sumrayadi.

Sementara itu, Utut Adianto sangat senang dengan acara penyerahan arsip statis DPR RI. “Saya sangat senang dengan acara ini”, tutur Utut. Lebih lanjut Utut menambahkan bahwa penyerahan arsip statis merupakan langkah strategis. “Menyerahkan data arsip itu merupakan langkah strategis. kita paham, tadi disebut ada 203 boks. Itu ngeboks-in nya susah”, terangnya.

Utut menambahkan bahwa keberadaan arsip dapat memberikan gambaran nuansa suatu peristiwa atau sejarah. “Kita ini sekarang sama hal-hal yang sifatnya kesejarahan, hal-hal yang sifatnya produk masa lampau yang kalau kita ikuti jamannya itu sebetulnya sebuah perjalanan yang panjang. Debat-debat di DPR itu bukan hanya sekedar debat. Di situ ada nuansa politik. Di situ ada keberpihakan fraksi-fraksi, kalau ini bisa diarsipkan, sekali lagi salut saya pada Kesekjenan”, ujarnya.Utut menambahkan bahwa apabila terjadi masalah, arsip-arsip itu yang dapat membuktikan benar atau tidaknya masalah itu.

 

Pada kesempatan ini dilaksanakan pula launching e-arsip, e-library, seminar kearsipan, bedah buku, dan pameran arsip dan perpustakaan DPR RI. (is)


Bagikan

Views: 549