08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan

Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan

25

Oct 22

Wali kota Batam Siap Bekerja Sama dengan ANRI Membangun Galeri Daerah Perbatasan

Batam - 25/10/22 - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto beserta jajaran melakukan audiensi dengan Wali kota Batam, Muhammad Rudi yang sekaligus sebagai Kepala BP Batam di kantor BP Batam. 

Imam menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batam salah satu kota yang rajin dan sebagai anggota simpul jaringan SIKN dan JIKN yang cukup aktif input data di SIKN dan JIKN sehingga arsip kota Batam dapat diakses oleh masyarakat baik nasional maupun internasional.

Hal ini sejalan dengan rencana dan program ANRI dalam rangka membangun galeri di daerah perbatasan yang tersebar di seluruh wilayah NKRI dan Kota Batam salah satu wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga.

Galeri ini akan menyajikan informasi perbatasan wilayah kedua negara melalui pameran arsip-arsip perbatasan yang dikemas dalam bentuk digital sehingga masyarakat mengetahui dan paham tentang daerah  perbatasan wilayahnya masing-masing.  Untuk itu peran serta fungsi Kota Batam bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip sangatlah penting", terang Kepala ANRI Imam.

Lebih lanjut Kepala ANRI, Imam Gunarto juga mengharapkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Batam bersama dengan BP Batam dapat memilih arsip-arsip penting untuk segera dipindahkan ke bentuk digital terutama arsip-arsip tanah.

"Kami sangat setuju dengan yang disampaikan Kepala ANRI dan siap bekerja sama dalam rangka membangun galeri perbatasan mengingat Kota Batam salah satu wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga", ungkap Wali kota Rudi.

Rudi menambahkan bahwa arsip sejak dahulu menjadi perhatiannya di Kota Batam, terlebih dengan adanya permasalahan seperti kontrak yang sampai 25 tahun di mana keberadaan arsipnya tidak jelas sehingga sering kalah saat terjadi gugatan. "Kita tidak memiliki kekuatan karena arsip yang kita miliki hanya copy dan tidak ada yang bisa menunjukkan bahwa itu asli", sambung Rudi.

 

( #tj )


Penulis : #tj

Bagikan

Views: 769