08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan

Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan

14

Jun 22

Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan

Jakarta (13/6/2022) - Dalam rangka persiapaan pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan kegiatan webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan melalui aplikasi zoom cloud meeting.

Webinar Pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan dilaksanakan sebagai upaya melakukan persiapan dalam rangka pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan. Selain itu, webinar juga dimaksudkan untuk menerima saran dan masukan dari lembaga pemerintahan, akademisi, dan masyarakat demi terciptanya Pusat Studi Arsip Kepresidenan yang lengkap dan informatif  serta melakukan kerja sama dan bersinergi dengan para stakeholders terkait.

Pada webinar ini turut menghadirkan narasumber Dosen Universitas Airlangga, Maradona, Dosen Universitas Indonesia, Fuad Gani. Adapun moderator adalah Hasan Bashor dan peserta webinar berasal dari lembaga pemerintahan, para akademisi, dan masyarakat.

Selain itu, webinar ini menghasilkan rekomendasi pertama, Pembentukan  Pusat Studi Arsip Kepresidenan perlu dikaji melalui analisis SWOT dengan memperhatikan: jenis dan sifat institusi, fungsi manajeman, administrasi, sumber daya manusia, aspek hukum  informasi, teori dan konsep, pendekatan, promosi dan layanan, sustainabilitas.

Kedua, Pusat Studi Arsip Kepresidenan yang akan didirikan harus menjadi pusat kajian akademis tidak hanya menjadi tempat ”collecting dan preserving” data saja ”one stop shoping” menjadi oase bagi pelaku kajian ilmiah dari berbagai disiplin ilmu.

Ketiga, Arsip-arsip kepresidenan sebagai sarana keberlanjutan program antar pemerintahan, sebagai jaminan kelancaran masa transisi pergantian pimpinan tertinggi negara sangat perlu untuk memperoleh perlakuan khusus dalam pengelolaan arsip-arsipnya dengan pembentukan Pusat Studi Arsip Kepresidenan. Keempat, Pusat Studi Arsip Kepresidenan merupakan lembaga akademis yang dapat menjadi sarana meningkatkan kualitas kearsipan dan keterbukaan informasi publik. Terakhir, Pusat Studi Arsip Kepresidenan harus menjadi tempat mendiskusikan dokumen-dokumen kenegaraan dari lembaga kepresidenan, dokumen apa yang penting untuk publik melihat bagaimana negara dijalankan oleh suatu pemerintahan. (PI/IS)

( PI/IS )


Penulis : PI/IS
Editor : tk

Bagikan

Views: 1759