08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

20

Jul 23

Workshop Penguatan Pengendalian melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

Jakarta - (20/7/2023), Sebagai upaya penguatan pengawasan serta penerapan manajemen risiko di lingkungan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Inspektorat ANRI mengadakan workshop “Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Menuju Birokrasi Maju dan Kinerja Unggul di Hotel RA Suite Simatupang, Jakarta Selatan. Workshop yang dilaksanakan secara daring dan luring ini dihadiri pegawai yang berperan sebagai anggota Kelompok Kerja (Pokja) Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas, Penataan Tata Laksana dan Penguatan Sumber Daya Manusia, tim perencanaan dan kepegawaian hingga auditor di Inspektorat ANRI. Workshop juga dihadiri pegawai di instansi lain seperti  Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Workshop ini diselenggarakan guna menguatkan pemahaman terkait proses bisnis penilaian maturitas SPIP terintegrasi, proses penilaian dan tahapan dalam pelaksanaan implementasi SPIP Terintegrasi di setiap unit kerja di lingkungan ANRI. Pada kesempatan ini Inspektur ANRI, Syaifuddin menyampaikan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan implementasi SPIP Integrasi di seluruh unit kerja ANRI.

Sementara itu, Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani mengungkapkan bahwa dalam penilaian SPIP ini diharapkan ANRI bisa mencapai target skor 3,5 yang disertai dengan peningkatan kapabilitas APIP berupa kontribusi dalam perbaikan tatakelola manajemen risiko hingga pengendalian internal.

Pada kesempatan ini, hadir tiga narasumber yaitu dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan, Dikdik Sadiki, Auditor Muda, Hendro Wibowo dan Auditor Pertama, Dinar Irmawati. Workshop dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama membahas overview Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi. Sesi kedua membahas mengenai proses bisnis dan proses Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi. Sedangkan pada sesi ketiga membahas tentang pengisian kertas kerja Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi.

Dari hasil kegiatan ini diharapkan setiap unit kerja menindaklanjuti dengan melakukan penilaian secara mandiri dengan melibatkan kelompok kerja yang telah dibentuk sebelumnya dan menjadi dasar penilaian maturitas SPIP terintegrasi di lingkungan ANRI tahun 2023.

( MOY )


Penulis : MOY
Editor : tk

Bagikan

Views: 522