08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Workshop Penyelamatan Arsip Kepresidenan

08

Dec 16

Workshop Penyelamatan Arsip Kepresidenan

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) selenggarakan Workshop Penyelamatan Arsip Kepresidenan (8/12) di Gedung ANRI, Jalan Ampera Raya Nomor 7, Cilandak Jakarta Selatan. Workshop bertujuan untuk merumuskan berbagai solusi dalam rangka menjabarkan Program Arsip Kepresidenan, khususnya menyelamatkan arsip yang terkait dengan aktivitas atau kegiatan presiden mulai dari Presiden Sukarno, Presiden Soeharto, Presiden B.J. Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sampai dengan Presiden Jokowi untuk dapat dilestarikan di ANRI dan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk  kepentingan kebangsaan,  kemasyarakatan, pemerintahan,dan pembangunan .

Salah satu tugas penting yang diemban oleh ANRI sebagai lembaga negara adalah menyelamatkan arsip statis, yakni arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan dari perjalanan negara dan bangsa ini. Perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini juga tidak terlepas dari peran presiden, baik sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan. Sosok presiden merupakan unsur penting dalam dinamika perkembangan negara, sehingga arsip yang terkait dengan sosok presiden ini harus diselamatkan, dilestarikan dan dimanfaatkan.

Kepala ANRI Mustari Irawan menyampaikan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg RI) memiliki peranan strategis dalam mendukung penyelamatan Arsip Kepresidenan. “Dalam konteks dukungan stake holder terhadap kesuksesan program Arsip Kepresidenan, Kementerian Sekretariat Negara adalah institusi kunci yang telah lama bekerjasama dengan ANRI”, ujarnya. Lebih lanjut Mustari Irawan menyampaikan bahwa tata kelola arsip Setneg RI sudah berjalan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan lengkapnya seluruh pedoman dan instrumen kearsipan, fasilitas pengelolaan arsip dan penyerahan arsip statis yang teratur setiap tahun. Berdasarkan hasil audit kearsipan yang terakhir, Kementerian Sekretariat Negara memperoleh nilai yang terbaik (2 besar terbaik tingkat Kementerian).

Pada sela-sela acara Workshop Penyelamatan Arsip Kepresidenan, dilaksanakan pula serah terima arsip Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang di dalamnya terdapat foto-foto tentang pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009. Dengan adanya penyerahan arsip tersebut KPU telah memenuhi amanat Undang-Unadang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan sekaligus memberikan warisan yang sangat berharga bagi generasi mendatang tentang penyelenggaraan Pemilu di era reformasi serta mendukung Program Arsip Kepresidenan. (sa)


Bagikan

Views: 699