08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
WORKSHOP SIKN DAN JIKN DI KALIMANTAN TENGAH

17

Jul 19

WORKSHOP SIKN DAN JIKN DI KALIMANTAN TENGAH

Kegiatan Workshop SIKN dan JIKN di Provinsi Kalimantan Tengah telah berlangsung dengan lancar. Acara, yang digelar pada tanggal 17–18 Juli 2019 di Swiss-Belhotel Danum, Palangka Raya, dibuka oleh Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dra. Desi Pratiwi, MIM.
Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa alangkah beruntungnya Kalimantan Tengah menjadi provinsi yang memiliki sejarah panjang yang seharusnya terekam dalam arsip. Oleh karena itu, kita semua wajib untuk mengelola, menyelamatkan, dan melindungi memori tersebut agar kita bisa mengenal siapa diri kita. Disampaikan juga bahwa sebagai lembaga pemerintahan yang erat hubungannya dengan layanan publik, lembaga kearsipan daerah provinsi, kabupaten/kota, dan perguruan tinggi diharapkan dapat selalu mengembangkan kapabilitas, berinovasi, serta profesional dalam layanan arsip dan informasi kearsipan.
 
Sebelum pembukaan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. Susana Ria Aden menyampaikan sambutan yang menggarisbawahi kegiatan workshop SIKN dan JIKN merupakan sarana untuk pengembangan penyelenggaraan SIKN dan JIKN secara nasional guna memfasilitasi masyarakat akan akses informasi kearsipan yang terbuka. Selanjutnya, narasumber utama workshop M. Asichin, S.H., M.Hum, yang juga pernah menjabat sebagai Kepala ANRI periode 2010–2013, mengulas mengenai Peran Arsip dalam Mendukung Pemerintahan yang Transparan dan Akuntabel serta Menjaga Memori Kolektif Bangsa.
 
Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengembangan Simpul Jaringan Dra. Arih Murwati, M.A.P menyampaikan laporan penyelenggaraan workshop yang sasarannya adalah mendorong lembaga kearsipan daerah provinsi, kabupaten/kota, dan universitas negeri yang ada di seluruh Provinsi Kalimantan Tengah untuk bergabung ke dalam SIKN dan JIKN untuk berbagi pakai arsip dan informasi kearsipan, khususnya yang bernilai guna kesejarahan kepada masyarakat. Hal tersebut adalah bentuk dari pelaksanaan amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.
 
Delegasi ANRI juga melakukan beberapa kunjungan kerja, antara lain ke Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, yang diterima oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sapto Nugroho, H.W. Dalam kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Tengah, delegasi ANRI diterima oleh Kepala Dinas Dra. Susana Ria Aden. Kemudian, kunjungan kerja delegasi ANRI ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya diterima oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan Siti Fatiah, S.Sos. Pada saat kunjungan kerja ke Universitas Palangka Raya (UPR), delegasi ANRI diterima secara langsung oleh Rektor UPR Dr. Andrie Elia SE, M.Si beserta Kepala Sekretariat Rektor UPR Dr. Kusnida Indrajaya, M.Si.

Bagikan

Views: 605