Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

WUJUDKAN KOMITMEN PENYELENGGARAAN KEARSIPAN, BASARNAS CANANGKAN GNSTA

WUJUDKAN KOMITMEN PENYELENGGARAAN KEARSIPAN, BASARNAS CANANGKAN GNSTA

10

Feb 20

WUJUDKAN KOMITMEN PENYELENGGARAAN KEARSIPAN, BASARNAS CANANGKAN GNSTA

Jakarta - 10/02/20, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melakukan pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Pencanangan diwujudkan melalui penandatanganan komitmen GNSTA oleh seluruh pejabat tinggi madya Basarnas dengan disaksikan oleh Kepala Basarnas, Bagus Puruhito dan Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik. Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan selepas acara Pembukaan Rapat Kerja Basarnas Tahun 2020 di Hotel Orchardz Industri, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, 10 Februari 2020.

Sebelum penandatangan komitmen GNSTA, Kepala Basarnas, Bagus Puruhito membacakan dokumen komitmen GNSTA. Pada kesempatan ini, Bagus Puruhito menyampaikan beberapa poin penting dalam komitmen mendukung  Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip diantaranya :

1. Mendukung gerakan nasional sadar tertib arsip

2. Melaksanakan pengelolaan kearsipan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang2an yang berlaku

3. Mewujudkan tertib arsip sebagai program prioritas yang berkelanjutan

4. Melaksanakan pengawasan, monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan pengelolaan arsip

5. Membangun kesadaran persamaan persepsi dan keterikatan seluruh pegawai pada unit kerja terhadap nilai guna dan manfaat arsip.

Sementara itu Plt. Kepala ANRI, M. Taufik dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menilai pencanangan GNSTA sebagai langkah strategis dalam penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Basarnas.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya pencanangan GNSTA di  lingkungan Basarnas dapat tercipta tertib arsip dinamis sebagai bukti akuntabilitas kinerja yang dapat medukung pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi dan Penggunaan APBN di lingkungan Basarnas, serta dapat menyelamatan warisan budaya bangsa yang ada di Basarnas melalui penyerahan arsip statis (arsip kesejarahan) kepada ANRI sebagai memori kolektif bangsa", ungkapnya. (is)

( is )