08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

14

Oct 19

WUJUDKAN TATA KELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI LEBIH BAIK, KEMENRISTEKDIKTI CANANGKAN GNSTA

Jakarta (14/10) - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Acara pencanangan GNSTA dilaksanakan di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Senin, 14 Oktober 2019. Acara pencanangan dihadiri oleh para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kementerian Ristekdikti. Hal ini menggambarkan keseriusan instansi dalam mengelola kearsipan sebagaimana yang diwajibkan oleh Undang–Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. “Seperti kita ketahui bahwa GNSTA ini telah secara resmi dicanangkan pada tanggal 17 Agustus 2016 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal ini membuat kami optimis bahwa kearsipan di lingkungan Kementerian Ristekdikti akan semakin tertib, semakin baik dan semakin maju karena kesadaran seluruh pejabat dan pegawainya semakin meningkat”, terang Pelaksana Tugas Kepala ANRI, M. Taufik. 
 
Lebih lanjut M. Taufik sampaikan bahwa pencanangan GNSTA ini baru merupakan langkah awal bersama untuk memulai suatu gerakan yang terpadu dan berkesinambungan. Langkah berikutnya yang lebih kongkrit dalam kegiatan kearsipan harus segera diwujudkan diantaranya tertib dalam kebijakan, tertib organisasi, tertib SDM, tertib prasarana dan sarana, tertib pengelolaan arsip, dan tertib pendanaan kearsipan. Kami selaku lembaga Pembina kearsipan nasional sangat memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas seluruh upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Risetdikti di bidang Kearsipan.
 
Sementara itu, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Drs., Ak., M.Si., Ph.D, mengajak kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi untuk mengelola arsipnya dengan baik. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam mendukung tata kelola perguruan tinggi yang lebih baik. “Mudah-mudahan dengan kita melakukan kasadaran tertib arsip ini, kita akan lebih governance, lebih transparan, lebih fairness, bahkan kalau kita di dalam audit itu traceability nya akan lebih baik, penelusurannya akan lebih mudah”, ungkap Mohamad Nasir. (is)

Bagikan

Views: 605