08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Yuddy Chrisnandi: Penyerahan Arsip Bukan Himbauan Tapi Perintah

Yuddy Chrisnandi: Penyerahan Arsip Bukan Himbauan Tapi Perintah

29

Oct 14

Yuddy Chrisnandi: Penyerahan Arsip Bukan Himbauan Tapi Perintah

Rangkaian kunjungan kerja Menteri PAN dan RB di ANRI. Diawali dengan diskusi tentang tugas, pokok dan fungsi ANRI, mengunjungi Ruang Baca dan Diorama sejarah Perjalanan Bangsa (29/10). Dok. HM. ANRI

JAKARTA – Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mustari Irawan beserta jajaran pejabat eselon I dan II di lingkungan ANRI menerima kunjungan kerja (kunker) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Yuddy Chrisnandi (29/10) yang didampingi Sekretaris Kementerian PAN dan RB, Dwi Wahyu Atmaji.

Kegiatan kunker diawali dengan pemaparan tugas pokok dan fungsi ANRI oleh Mustari. Selanjutnya, menteri kelahiran Bandung, 29 Mei 1968 ini menyampaikan beberapa hal yang dapat meningkatkan kualititas kinerja ANRI, khususnya dalam hal penyerahan arsip statis dari kementerian/instansi pemerintah tingkat pusat kepada ANRI.

Yuddy menyampaikan bahwa arsip nasional harus memiliki semua kategori yang termasuk arsip statis. Kita juga bisa menarik arsip kategori statis dari semua kementerian, sehingga semuanya ada di sini.”Mulai penataan di tingkat pusat dulu. Ini dapat dibuat target pada 34 departemen, lalu Lembaga Pemerintah Nonkementerian. Penyerahan arsip bukan lagi himbauan tetapi ini sebuah perintah. Menpan hanya sebagai fungsi koordinasi, tetapi  ANRI bertanggung jawab langsung kepada Presiden, nanti dapat dibuatkan konsep surat dan aspek legal lainnya yang dapat dikuatkan oleh Presiden tentang penyerahan arsip tersebut. Menpan bantu secara kelembagaan,” tegas Yuddy.

Dalam kunjungannya, menteri yang akrab disapa Kang Yuddy ini juga memberikan apresiasi atas pelayanan publik yang telah dilakukan ANRI. “ Saran saya, tingkatkan pelayanan yang sudah ada, agar lebih baik lagi,” ujar Yuddy. Tak lupa, di tengah majunya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi Kang Yuddy juga berpesan agar laman kelembagaan milik ANRI informasinya harus selalu terbarukan dan mudah diakses.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Yuddy menyempatkan melaksanakan peninjauan lapangan ke Ruang Baca sebagai tempat layanan arsip statis dan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa. (TK)


Bagikan

Views: 611